Mendapatkan layanan pelanggan melalui media sosial : JurnalJabar

3 Cara Menghubungi Call Center  Tokopedia  untuk Konsultasi

3 cara menghubungi call center Tokopedia di era digital ini perlu diketahui ketika Anda menjadi pengguna Market Place. Call center secara sederhana didefinisikan sebagai layanan dari Tokopedia bagi  pelanggan, ketika mereka membutuhkan informasi, mereka mengajukan keluhan atau meminta bantuan ketika masalah muncul. Layanan dalam bisnis digital ini sangat penting untuk memperkuat hubungan pelanggan yang baik.

Call center dibandingkan dengan persepsi bisnis itu sendiri, yang ditujukan langsung kepada konsumen. Layanan ini merupakan salah satu poin penting untuk memastikan rasa nyaman bagi pelanggan. Tidak hanya respon dan komunikasi yang baik, media yang digunakan dalam layanan call center menunjukkan profesionalisme perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Tokopedia merupakan salah satu pasar terbesar di Indonesia dan masuk dalam kategori unicorn yang masih berkembang hingga saat ini. Tentunya pasar yang besar ini berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, baik penjual maupun pembeli. Jika Anda membutuhkan informasi atau mengajukan keluhan, 3 cara menghubungi call center Tokopedia.

Cara menghubungi call center Tokopedia , apa yang bisa dilakukan

Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan call center Tokopedia yang bisa anda coba.

  1. Menggunakan Pusat Panggilan

Jika Anda membutuhkan respon cepat, Anda dapat memilih yang terbaik dari 3 cara untuk menghubungi call center Tokopedia dengan menghubungi langsung 02153691015 atau 02180647333. Namun, saat menggunakan metode ini, klien membutuhkan saldo pemasok. Jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang, kami sarankan untuk menggunakan lingkungan ini saat Anda berada dalam situasi penting/berbahaya.

  1. Menggunakan email

Jika  Anda terbiasa menggunakan email di tempat kerja, Anda dapat melakukannya dengan alat ini. Keuntungan dari metode ini adalah Anda  dapat mengajukan keluhan baik secara formal maupun tidak. Dengan demikian, mudah untuk memasukkan dokumen yang Anda butuhkan untuk memperkuat protes Anda atau meminta informasi.

Alamat email untuk menghubungi layanan pelanggan contact@tokopedia.com. Keuntungan lain dari alat ini adalah bahwa kerahasiaan informasi saat mengajukan keluhan atau berkomunikasi dapat lebih terjaga.

Mendapatkan layanan pelanggan melalui media sosial

ketika masalah tidak terlalu penting, salah satu dari 3 cara menghubungi call center Tokopedia adalah  dengan memilih media lain yang tidak membutuhkan biaya. Diantaranya adalah jejaring sosial, Instagram, Facebook dan Twitter. Layanan komunikasi melalui jejaring sosial ini dapat digunakan selama 24 jam penuh. Kenyamanan lain bagi mereka yang terbiasa menggunakan jejaring sosial adalah  bahwa prosesnya lebih sederhana.

Saat Anda menggunakan Twitter, akun yang dapat Anda hubungi @tokopedia atau @tokopediacare. Sementara itu, jika Anda menautkan melalui Facebook Tokopedia, silakan buka halaman penggemar @tokopedia dengan URL http://facebook.com/tokopedia. Saat menggunakan Instagram, harap awasi akun @tokopedia.

Komunikasi dengan layanan menggunakan jejaring sosial dapat ditransmisikan dengan beberapa cara. Pertama, dengan mengirimkan komentar di kolom atau langsung melalui pesan pribadi. Untuk informasi umum, sebaiknya gunakan kotak komentar.

Namun, ketika membahas masalah pribadi atau merujuk penipuan atau mereka yang membutuhkan data pribadi Anda, kami sarankan untuk menggunakan pesan secara langsung. Ini lebih aman dan juga membuat Anda dalam masalah dari orang lain.

Ketika berhadapan dengan media sosial, tidak membutuhkan biaya.  Anda hanya membutuhkan data untuk bekerja dengan akses dan penggunaan media sosial, tetapi media relatif lambat untuk menanggapi kekurangan media ini dibandingkan dengan apa yang dilakukannya melalui layanan telepon, karena sebagian besar pelanggan biasanya menggunakan media ini untuk berkomunikasi dengan Tokopedia.

Bahkan ketika ada banyak di media sosial dan itu menumpuk, ada kemungkinan bahwa layanan pelanggan tidak akan membacanya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan media ini untuk komunikasi atau transmisi tentang hal-hal yang kurang penting. Saat masuk ke situs web atau aplikasi, Anda dapat fokus berbelanja atau membuka kios.

Meskipun Anda tidak menggunakan jejaring sosial ini sebagai salah satu dari3 opsi dari 3 cara menghubungi call center Tokopedia, kami sarankan Anda untuk mengawasinya. Karena Tokopedia mentransmisikan berbagai informasi terkini melalui jejaring sosialnya, baik itu kebijakan, promosi maupun informasi penting lainnya.

Berkomunikasi dengan call center Tokopedia menggunakan aplikasi

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan call center Tokopedia menggunakan aplikasi.

  1. Pusat Bantuan

Pilihan lain dari 3 cara menghubungi call center Tokopedia menggunakan aplikasi di panel “Help Center”. Terlepas dari apakah Anda menggunakan aplikasi atau situs, silakan pilih panel “Hubungi Kami”. Kemudian beberapa poin yang akan anda sampaikan akan ditampilkan, silahkan langsung ke kebutuhan. Kemudian, tolong, sampaikan informasi yang ingin Anda selesaikan.

  1. Perawatan Tocopedia

Anda dapat berkomunikasi dengan customer service melalui fitur Tokopedia Care. Tokopedia Care memiliki beragam informasi mengenai pasar ini yang dibutuhkan pelanggan dan penjual. Selain informasi, Tokopedia Care juga menyediakan artikel sebagai informasi edukasi dan tips penting bagi pengguna.

Anda dapat mengaksesnya dengan membuka akun terlebih dahulu. Kemudian pilih panel pengaturan – pilih Tokopedia Care. Di halaman ini, masukkan kata kunci tentang masalah di bilah pencarian. Lebih tepatnya, informasi yang Anda dapatkan tentang topik masalah.

Setelah itu, masukkan kata kunci masalah yang Anda alami. Setelah proses ini, panduan untuk menyelesaikan masalah akan ditampilkan. Jika masalah tidak terdeteksi, lanjutkan layanan pelanggan di fungsi Pusat Bantuan.

  1. Faktur transaksi

Cara lain dalam aplikasi ini juga bisa melalui faktur  transaksi  yang Anda lakukan. Silakan buka daftar transaksi di akun – klik Pembelian. Silakan pilih transaksi di mana masalah terjadi. Kemudian detail pesan akan ditampilkan, pilih panel.

  1. Mengobrol

Anda dapat melakukan chat melalui layanan chat  yang disediakan sebagai ruang konsultasi dengan tim Tokopedia. Namun, saat ini layanan Live chat terbatas hanya untuk merchant yang memiliki keanggotaan gold dan platinum. Untuk menggunakan layanan ini, silakan buka widget Toped Bot.

Setelah itu, Anda dapat membuka akun, pergi ke pengaturan – pergi ke tokopedia care – obrolan pop-up ditampilkan – pilih di bilah obrolan sekarang – maka Anda dapat menulis apa yang  ingin  Anda sarankan. Namun sebelum anda membalas, biasanya sistem Tokopedia mengirimkan chatbot.

  1. Melalui Pusat Resolusi Konflik

Dengan layanan ini, Anda bisa berkonsultasilangsung dengan Tokopedia. Mereka kemudian menyampaikan solusi terbaik untuk setiap pembeli atau penjual. Untuk melakukan ini, silakan buka akun – ini adalah daftar transaksi – ini adalah pembelian – Pilih transaksi yang mengalami masalah – silakan pilih panel keluhan.

Setelah itu, pesanan keluhan pop-up akan ditampilkan, silakan klik di atasnya. kemudian tunjuk masalahnya dan komunikasikan dengan jelas. Pelapor belum menanggapi atau menemukan solusi yang lebih baik dalam waktu 3 hari, silakan gunakan fitur “Minta Bantuan”. Di sini Anda akan bertemu langsung dengan administrator pusat izin untuk membantu menyelesaikan masalah.

Etika yang digunakan di pusat panggilan kontak

Dalam 3 cara menghubungi call center Tokopedia,  selain teknik teknis, Anda perlu memperhatikan prosesnya. Tetap sampaikan dengan sopan, meski pembelinya adalah raja. Buka komunikasi dengan sapaan yang sopan, lalu sampaikan secara singkat, jelas dan tidak bertele-tele. Pastikan informasi yang Anda sampaikan benar, dan tidak mengada-ada.

Jika perlu, sertakan bukti pendukung saat mengajukan keluhan untuk memudahkan mereka merespons.   Anda harus menunggu dengan sabar untuk tanggapan karena ada banyak pelanggan yang mungkin mengalami masalah yang sama dengan Anda, jadi itu akan merespons dengan baik.

Selain itu, sebelum mengajukan keluhan, mengajukan pertanyaan, dan lain sebagainya, pastikan Anda mencoba memahami aturan mengenai transaksi di Tokopedia. Jangan izinkan Anda  untuk bertanya  dengan 3 cara menghubungi call center Tokopedia untuk masalah yang telah dikomunikasikan dengan jelas di pusat informasi.

Read More :