Hambatan implementasi pusat layanan bersama di perusahaan : MahirTransaksi

Tidak memahami Pusat Layanan Bersama? Periksa informasi ini

Shared service center atau sering disingkat SSC adalah layanan untuk membagi tugas atau berbagi untuk mengatasi keterbatasan baik dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan maupun teknologi. Dikatakan bahwa layanan seperti ini adalah layanan yang dibagi dengan lini perusahaan lain, sehingga tidak memberikan perasaan harus mengeluarkan biaya berlebih untuk dapat memiliki lini layanan sendiri.

Dapat dikatakan bahwa layanan seperti ini merupakan layanan wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan jika ingin mengoptimalkan bagaimana kinerja bisnisnya. Bahkan pemerintah sendiri juga telah menerapkan sistem seperti ini bagi BUMN untuk dapat memaksimalkan bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan yang mahal.

Bagi orang awam, banyak dari mereka mungkin tidak terlalu familiar dengan dan tahu pasti apa yang dimaksud dengan layanan seperti ini, karena tidak mudah menghemat uang untuk mengenal layanan tersebut.

Penjelasan sederhana tentang layanan Shared Service Center

Karena banyak rumor yang mengatakan bahwa shared service atau SSC merupakan salah satu jenis layanan untuk dapat meningkatkan optimasi dalam sebuah perusahaan, maka diperlukan pengetahuan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu SSC. Karena banyak sekali masalah, terutama bagi perusahaan. JikaAnda bisa menerapkan layanan seperti ini di perusahaan, maka tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, sehingga menjadi lebih optimal.

Singkatnya, shared service center adalah pembagian layanan  atau tugas layanan untuk dapat mengatasi kendala sumber daya. Karena menggunakan konsep ini akan menimbulkan beban bagi perusahaan yang harus dilakukan agar berhasil mengejar tujuan dengan membelanjakan sesedikit mungkin. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sebuah teknologi atau hal pendukung lainnya karena bisa dilakukan melalui SSC.

Menggunakan konsep ini, pada kenyataannya, memiliki tujuan tunggal untuk dapat meminimalkan biaya area operasional perusahaan dan dapat meningkatkan keandalan layanan di perusahaan. Karena penyelenggara dan agen shared services tentunya akan selalu mengawal perkembangan layanan yang diberikan kepada manajemen sejumlah pakar di bidangnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa SSC ini merupakan entitas atau agen dari suatu perusahaan yang menyediakan jasa jasa agar dapat membagi penggunaannya sehingga dapat digunakan untuk semua bagian perangkat suatu perusahaan.

Manfaat utama menggunakan Pusat Layanan Bersama

Bahkan menyadari manfaat dan manfaat yang dapat dicapai melalui konsep pelayanan, membuat beberapa badan usaha memilih untuk menerapkan atau mengimplementasikan konsep tersebut. Beberapa contohnya antara lain perusahaan BUMN seperti Telkom Group dan PT Pertamina yang merupakan salah satu pesaing utama di Indonesia yang menerapkan shared service center. Tentu saja, mereka menyadari beberapa manfaat menggunakan layanan bersama ini.

Salah satu keuntungan menggunakan konsep shared service adalah sebagai sarana untuk dapat menekan biaya yang harus timbul, karena dapat terus mengoptimalkan kinerja perusahaan dengan menggunakan biaya yang relatif efisien. Jadi, dengan menggunakan layanan ini, tentu akan dapat meningkatkan manajemen operasi bisnis suatu perusahaan. Akibatnya, perusahaan   tidak perlu mengalokasikan investasi yang relatif besar  hanya untuk perangkat.

Rasanya peningkatan keandalan dalam sebuah perusahaan jelas menjadi nilai tambah jika sudah menerapkan penggunaan shared service. Tentunya jika Anda merasakan manfaat seperti ini, maka akan sangat menguntungkan bagi perusahaan karena hal ini pada akhirnya akan fokus pada optimalisasi kepuasan pelanggan.

Keuntungan lainnya adalah bisa dijadikan penunjang keputusan. Karena dengan bantuan shared service, ternyata data yang dikirimkan dan dianalisis ternyata merupakan data yang handal dan siap dieksekusi.

Contoh sederhana penerapan Pusat Layanan Bersama

Mungkin sejauh ini masih banyak dari anda yang belum mengetahui secara pasti apa itu SSC. Ini wajar, karena kebanyakan orang yang memahami istilah ini adalah mereka yang bekerja di bidang perusahaan, terutama di bidang pengembangan perusahaan. Untuk mengetahui apa konsep layanan seperti ini, diperlukan contoh nyata untuk dapat menggambarkan layanan tersebut.

Kami akan mengambil ilustrasi sederhana yang sekarang dapat mengilustrasikan untuk mengimplementasikan konsep ini. Salah satunya adalah perusahaan layaknya kantor pos yang sudah mulai menerapkan shared service. Perusahaan ini menggunakan layanan tersebut untuk dapat mengembangkan dan mengelola fungsi SDM, akuntansi dan aset.

Sebelum menggunakan layanan ini, setiap kantor pos tentunya menggunakan sistem fungsi pendukung di masing-masing departemen. Contohnya antara lain departemen keuangan, SDM, dan lain-lain. Namun, sejak diterapkannya konsep layanan ini, setiap kantor pos tidak perlu lagi memiliki divisi tersebut karena dapat didesentralisasi berdasarkan wilayah tertentu untuk memberikan layanan yang sama untuk membuka beberapa departemen kantor pos.

Oleh karena itu, semua kantor pos tidak lagi membutuhkan departemen pendukung seperti di atas, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya operasional dan mengurangi jumlah karyawan. Biaya pengurangan karyawan dapat dialokasikan ke area bisnis, seperti upaya pengiriman barang atau penarikan kembali barang. Sehingga mengakibatkan perusahaan dapat berjalan lebih optimal dan efisien tanpa biaya lebih.

Hambatan implementasi pusat layanan bersama di perusahaan

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa layanan seperti ini sebenarnya dapat memberikan manfaat dan optimalisasi yang signifikan bagi perusahaan, namun sayangnya masih banyak perusahaan yang belum mampu menerapkan atau menerapkan shared service center karena beberapa kendala atau tantangan.

Salah satu kendala utama bagi sebuah perusahaan, jika ingin menerapkan layanan seperti di atas, tentunya mereka mau tidak mau harus bisa mengubah atau menata ulang struktur manajemen. Selain itu, perusahaan juga harus mampu memperkirakan bagaimana manajemen tenaga kerja dan sumber daya manusianya dapat konsisten dengan tujuan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, agar perusahaan dapat lebih fokus pada faktor-faktor penentu keberhasilan perusahaan saat menggunakan atau menerapkan layanan ini, perusahaan harus mengembangkan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencoba mengkomunikasikan implementasi ini dengan melakukan pertemuan dengan manajemen senior untuk mengimplementasikan perubahan secara efektif.

Dapat disimpulkan bahwa   implementasi layanan tersebut merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas bisnis di era digital ini sekaligus memaksimalkan operasional. Alhasil, penerapan konsep ini dapat mengoptimalkan bisnis dengan menggunakan dan costing sesedikit mungkin sehingga perusahaan dapat bekerja lebih efisien.

Tentunya untuk mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan, terutama dalam jangka panjang bagi perusahaan, perlu dipikirkan strategi agar dapat mengoptimalkan suatu pekerjaan di perusahaan untuk mendapatkan keuntungan tetap. Perusahaan harus memberikan saham kepada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, implementasi pusat layanan bersama  memainkan peran besar dalam realisasi hal di atas.

Read More :